PRINGSEWU24 - Dinas Pendidikan Kabupaten Tulangbawang memprediksi  tahun 2016,angka tingkat penganguran dari kalangan remaja dikabupaten Tulangbawang akan meningkat drastis. 

Pasalnya tahun 2016,tingkat kelulusan para pelajar mulai dari SMA, SMK, MA negeri maupun swasta sekabupaten Tulangbawang mencapai angka 3142 pelajar.
 

Kepala Dinas Pendidikan (Kadisdik) Kabupaten Tulangbawang mengaku jika, tahun 2016 ini angka tingkat penganguran dikabupaten Tulangbawang akan ada peningkatan yang sangat tinggi.
 

Hal tersebut Kata Firsada dilihat dari tingkat kelulusan siswa maupun siswi tingkat SMA , SMK dan MA mencapai angka 3142 peserta,serta sempitnya peluang pasar kerja dikabupaten Tulangbawang.
 

Bahkan menurut Firsada jumlah dari total keseluruhan peserta kelulusan tingkat SMA , SMK dan MA tersebut merupakan jumlah yang sangat tinggi bila dibandingkan pada tahun lalu.
 

"Karena semakin tahun siswa - siswi yang mengikuti ujiaan kelulusan ini semakin bertambah banyak dan melebihi kuota jadi wajar saja bilamana setiap tahunya siswa - siswi yang telah lulus sekolah mencapai hingga ribuaan peserta,"aku Firsada (minggu 17/04) kemarin.

Sedangkan dari jumlah keseluruhan peserta kelulusan 
tersebut Firsada menjelaskan sampai saat ini pihaknya masih kebingungan dan merasa kesulitan lantaran sebanyak 3142 peserta tersebut belum bisa dipastikan apakah akan kembali melanjutkan kejenjang yang lebih tinggi, Bekerja,untuk membantu keluarga. 

Karena Lanjut Firsada apabila peserta kelulusan tersebut akan kembali melanjutkan sekolah yang lebih tinggi demi masa depan maka pihaknya tidak perlu merasa khawatir.
 

"Namun bila seluruhnya memutuskan untuk bekerja dan membantu orang tua dan keluarga,karena terkendala biaya, maka ini akan menjadi sesuatu persoalan,serius yang sangat sangat sulit untuk diatasi,"paparnya.

Mengingat Firsada mengaku sampai saat ini untuk tingkat pengangguran akan terhadap masyarakat se Tulangbawang masih mengalami peningkatan yang sangat tinggi dan tidak stabil,itu diSebabkan antara kebutuhan  pasar kerja dengan kelulsan Pelajar  tidak seimbang
.

"Jadi dengan sebanyak 3142 peserta kelulusan tingkat SMA, SMK dan MA yang akan lulus pada tahun ini maka saya yakin akan kembali menambah masalah terhadap jumlah tingkat penganggurang yang sudah ada sehingga dengan begitu otomatis angka pengangguran di Tulangbawang akan meningkat drastis,,"keluhnya.

Oleh karena itu Firsada berharap kepada stake holder agar membantu pihaknya mencarikan solusi,agar seluruh pelajar yang telah lulus sekolah bisa langsung mendapatkan pekerjaan,yang sesuai dengan kemapuan dan keterampilan,masing-masing pelajar.
 

"Karena  apabila tidak kita segera selesaikan maka saya sangat khawatir masalah ini tidak akan pernah terselesaikan bahkan bisa saja menimbulkan efek negative,jadi sebelum itu terjadi,kita harus meminimalisir,agar seluruh pelajar tersebut bisa,mendapatkan pekerjaan yang layak,"tukasnya.(*)
 
Top