PRINGSEWU24 - Satu dari empat pelaku begal motor dengan menggunakan senjata api, Sabtu (23/4) sore sekitar pukul 16.00 Wib bergasil diamankan warga Jalan Ksatria, Tanjungaman, Kotabumi Selatan Lampung Utara. Para pelaku begal tersebut ditangkap warga seusai merampas sepeda motor milik YD (17) di daerah aliran Wayrarem tepatnya di Sipon X. Tajungsenang, Kotabumi Selatan.  

Menurut AI (20), warga sekitar, penangkapan atas pelaku yang belum diketahui namanya tersebut berawal saat warga mendengar adanya teriakan dari kedua korban, yang belakangan diketahui merupakan korban dari aksi kejahatan pelaku begal dengan ketiga rekannya di Sipon X. Kedua korban yang nekad mengejar pelaku itu yakni YI dan RD (17).

"Saat itu, ada dua motor yang masing-masing terdiri dari dua orang terlihat kejar-kejaran di jalan ini. Tapi, pas sampai di dekat SDN 8 Tanjungaman, salah seorang penumpang motor yang di depan turun," jelasnya.

Dari kejauhan, kata dia lagi, penumpang motor yang di depan turun tersebut dan terlihat menodongkan sesuatu yang diduga senjata api ke arah kedua pengejarnya. Melihat rekannya terancam keselamatannya, YI langsung
mendekap kuat tubuh pelaku dari arah belakang dan berteriak-teriak sehingga memancing warga ke lokasi. 

Begitu warga mengetahui dari YI dan RD bahwa keduanya baru saja menjadi korban pembegalan motor yang dilakukan oleh pelaku dan ketiga rekannya di Sipon X, warga langsung menghujani pelaku dengan berbagai pukulan sebelum akhirnya diamankan ke Polres Lampung Utara.‎

Sementara, rekan pelaku lainnya telah kabur dengan motornya meninggalkan lokasi

"Setelah diamankan warga, pelaku dan barang bukti senjata apinya akhirnya diamankan ke Polres," kata dia lagi.

Berdasarkan informasi yang dihimpun, ‎aksi pembegalan motor ini terjadi saat YI (17), RD (17), RF (17), AF (17) dan AD (17) dalam perjalanan pulang usai berfoto-foto dengan di Sipon X. Setibanya di lokasi, kelima anak baru gede ini dicegat oleh pelaku dan ketiga rekannya yang mengendarai dua motor. Para pelaku langsung menodongkan senjata api dan senjata tajam kepada mereka.

Pelaku merampas motor Yamaha Jupiter MX Nopol BE 4718 JA milik YD‎. Para pelaku juga merampas satu unit kamera Canon EOS 1100D, HP korban. 


Setelah berhasil menguras harta korban, kedua pelaku langsung kabur dengan motor korban. Tak lama kemudian, pelaku yang tertangkap dan rekannya juga pergi meninggalkan korban dan rekan-rekannya. YI dan RD kemudian nekad mengejar kedua pelaku yang pergi belakangan ini dengan mengendarai motor rekannya yang tak dirampas para pelaku.

Aksi nekad YI dan RD ternyata tak sia-sia karena salah seorang pelaku berhasil diamankan. Sayangnya, hingga berita ini diturunkan, pihak Kepolisian belum berhasil dikonfirmasi ihwal identitas salah seorang anggota komplotan begal tersebut.
 
Top