ist

BANDARLAMPUNG, FS- Ketua KPU Provinsi Lampung Nanang Trenggono memastikan tidak akan ada kendala berarti menjelang Pilkada yang akan digelar di lima kabupaten 2017 mendatang.

Untuk saat ini, menurutnya, KPU sedang mengupayakan sesegera mungkin penandatanganan naskah perjanjian hibah daerah (NPHD) di masing-masing daerah yang akan melaksanakan Pilkada. "NPHD sedang kita upayakan, mudah-mudahan sebelum Mei sudah selesai," katanya saat ditemui di KPU Lampung (19/4). 

Hal ini juga terlihat saat pihaknya menggelar rakor tentang keterbukaan informasi publik. ''Saat ini kita sedang rakor mengenai informasi publik, dengan mengundang seluruh komisioner KPU kab/Kota," katanya.

Ditambahkannya, KPU mendorong terbukanya akses informasi yang berkaitan tentang penyelenggaraan pemilu. ''Tujuanya agar masyarakat mengetahui apa saja yang dilakukan KPU selama menjadi bagian penting dalam proses demokrasi,'' jelasnya.

Sementara itu, dalam rakor tersebut Komisioner KPU Lampung Handi Mulyaningsih memaparkan, ada 4 informasi publik yang harus dilaksanakan oleh masing masing KPU. 

''Pertama, informasi berkala, informasi yang harus diupdate setiap 6 bulan sekali. Kedua, informasi serta merta, yaitu informasi yang apabila tidak disampaikan akan membunuh hajat hidup para pemilih. Ketiga, informasi yang tersedia setiap saat, yaitu Informasi yang sudah dimiliki dan sudah didokumentasikan oleh pihak KPU. Terakhir, informasi yang dikecualikan, yakni informasi yang rahasia,'' papar Handi.

Saat disinggung mengenai bakal calon yang nantinya diusung oleh partai yang terjadi dualisme kepemimpinan, dirinya mengatakan jika hal itu sedang dalam pembahasan di Komisi II DPR RI dan nanti akan keluar aturan resminya. ''Kita tunggu saja, karna dalam pembahasan di DPR.'' 
 
Top