PRINGSEWU24 - Bakal calon bupati (Balonbup) Pringsewu, Edi Agus Yanto atau yang akrab disapa Mas Edi, mulai meningkatkan intesitas sosialisasi pada warga. Jumat, (22/4) hari ini rencananya Mas Edi dan tim Masyarakat Peduli Pringsewu (MPP) bergerak melakukan gerebek pasar. 

Selain sebagai upaya sosialisasi, mendukung gerakan Indonesia Ayo Belanja ke Pasar Rakyat atau Pasar Tradisional, Mas Edi juga akan membagikan sejumlah alat-alat kesehatan (Alkes). Namun demikian, alkes yang dibagi masih berbentuk perlengkapan dan peralatan pertolongan kesehatan (P3K). P3K yang dibagikan antara lain semacam gunting, lakban, beberapa obat luka dan semacamnya. 

"Sengaja kami gerebek pasar dan membagikan P3K ini untuk membuktikan komitmen kami pada layanak kesehatan masyarakat merupakan program utama dan unggulan kami," kata Mas Edi, sapaan akrab beliau.

Lokasi yang dituju, menurut dia, diserahkan sepenuhnya pada MPP. "Pastinya adalah di pasar, agar tidak mengganggu aktifitas warga 
Pringsewu," ucap Mas Edi.

Sementara itu, antusiasme warga terlihat sangat mendukung upaya dan langkah kongkrit Balonbup Pringsewu. "Mas Edi langsung beraksi membagi-bagi alat-alat kesehatan, ini sangat baik sekali, mudah-mudahan Pringsewu lebih baik," kata Poinem, salah satu pedagang sayur di Pasar Terminal Sarinongko, diwawancari setelah menerima alat P3K.

Menurut Bagian Humas Mas Edi Center, Toyib, kegiatan ini akan rutin dilakukan setiap hari Kamis. Tujuannya pasar-pasar tradisional yang ada di kabupaten berjuluk jejama secancan ini. Dipilihnya pembagian alkes atau tepatnya P3K oleh timnya, menurut Toyib, sebagai jawaban mutlak atas buruknya layanan kesehatan di tengah masyarakat.

"Kasus malpraktek yang menyebabkan pasien meninggal adalah contohnya. Akan tetapi, pihaknya tidak ingin masuk ke ranah saling menyalahkan. Melainkan lebih berpikir, apa yang bisa kita berikan untuk masyarakat Pringsewu. Sekaligus bagaimana caranya kita bersama-sama memajukan daerah kita," kata warga Pagelaran Utara itu.

Mas Edi yang langsung hadir di tengah pasar terminal Sarinongko, tak banyak bicara. Sekadar bersalaman dan berdialog singkat dengan pengunjung dan pedagang di pasar itu.

Ketua MPP, Azharul Fajri Siagian yang ikut mendampingi Mas Edi mengucapkan terima kasih pada pemerintah kabupaten Pringsewu, dinas pasar dan semuanya. Khususnya pada para pedagang dan semua warga yang antusias menyambut sosialisasi Balonbup Edi Agus Yanto.
 
Top