PRINGSEWU24 - Wakil Ketua TP PKK Kabupaten Way Kanan Lampung,Thurismawaty Edward Antony, membuka acara festival budaya lomba qasidah/rebana dalam rangka peringatan Hari Ulang Tahun ke 17 Kabupaten Way Kanan. Acara yang diselenggarakan oleh Dinas Pendidikan dan Kebudayaan tersebut digelar di Gedung Serba Guna (GSG) kabupaten setempat, kemarin.
 
Pada acara hari itu, dihadapan ratusan peserta lomba qasidah, Wakil Ketua TP PKK Kabupaten Way Kanan,Thurismawaty Edward Antony mengatakan, kegiatan pengembangan dan pelestarian seni budaya bernuansa Islami itu diharapkan sebagai salah satu langkah nyata dalam membangun karakter masyarakat yang menjunjung tinggi agama dan moral kebudayaan. Juga dalam rangka melestarikan kebudayaan daerah yang ditujukan kearah kemajuan peradaban serta peningkatan kesejahteraan masyarakat.
 
“Perilaku dan hasil karya manusia yang positif baik bersifat fisik, maupun non fisik, merupakan suatu kewajiban bagi pemerintah dan seluruh masyarakat untuk melestarikannya. Hal ini tujuannya untuk memperkokoh jati diri dan martabat bangsa serta menumbuhkan kebanggaan nasional sekaligus mempererat persatuan dan kesatuan, khususnya di Bumi Ramik Ragom ini,” seru Thurismawaty Edward Antony.
 
“Saya memberikan penghargaan setinggi-tingginya kepada Dinas Pendidikan dan Kebudayaan yang telah melaksanakan festival budaya, salah satunya lomba qasidah/rebana ini,” tukasnya.
 
Menurut Wakil Ketua TP PKK Kabupaten, melalui lantunan syair dan lagu religius yang edukatif, tersirat makna pesan moral secara persuasif yang dapat memotivasi remaja sekaligus membendung limbah infomasi yang merusak moral anak muda.
“Lomba ini sangat penting artinya dalam rangka memacu laju pembangunan Kabupaten Way Kanan yang merupakan sebagian besar penduduk beragama Islam,” pungkasnya.
 
Top