PRINGSEWU24 - Bupati Lampung Tengah Dr. Ir. Hi. Mustafa meminta, seluruh kepala kampung (Kakam) bisa menciptakan keamanan di kampunya masing-masing, dengan cara mengaktifkan kembali sistem keamanan lingkungan (siskamling). Hal ini disampaikan Bupati saat membuka ‎orientasi kepala kampung di gedung Bandiklat, Kecamatan Kota Gajah, Lampung Tengah. Senin (2/5).

Menurut Bupati Mustafa, peningkatan keamanan merupakan salah satu program utama Pemkab Lampung Tengah. Dengan mendorong hidupnya siskamling di seluruh kampung/kelurahan se-Lamteng, diharapkan keamanan Lamteng terjaga dan perekonomian berjalan dengan baik.

Kedepan, Mustafa mengatakan akan membangun siskamling diseluruh kampung, memberdayakan linmas, babinkhamtibmas, dan babinsa. 
"Ini prioritas utama kita, karena yang dikeluhkan masyarakat saat ini adalah kemanan. Saya minta kakam bisa mendukung program pemkab menciptakan keamanan di Lamteng ini,"kata Mustafa.

Disi lain Mustafa meminta seluruh kakam juga mengerti dan paham tugas pokok fungsi (tupoksi)‎ sebagai kakam. Kakam juga harus paham tentang regulasi aturan yang memayunginya dari jerat hukum.

Menurut Bupati, memahami tupoksi ini sangat penting dalam rangka membangun, melayani memberdayakan, dan membuat regulasi. ‎Sehingga tidak salah dan paham betul arah kemana kampung itu akan dibawa.

"Ini harus kita kasih pemahaman-pemahaman, supaya mereka bisa melakukan pengelolaan dana kampung dengan baik, bisa melakukan pemberdayaan dan memajukan kampung yang mereka pimpin,"kata Bupati Mustafa.

Bupati Mustafa juga berpesan, agar para kepala kampung lebih selektif dalam menggunkan anggaran pembangunan, yang bersumber dari Anggaran Dana Desa (ADD).

Selain itu, Bupati juga meminta kakam menjadi teladan bagi masyarakat dikampungnya masing-masing. Kedepan Mustafa mengancam akan memberi sanksi tegas apabila ada kakam terjerat masalah narkoba, dan perjudian.‎ujarnya.(RLS).‎
 
Top