ILUSTRASI (ist)

PRINGSEWU24 - Gempa Bumi  berkekuatan 6,1 skala richter(SR), yang terjadi di Kabupaten Tanggamus kemarin (2/5) tidak bepotensi tsunami.

Menurut Kepala BPBD Tanggamus Ovi Ariansyah, gempa yang dirasakan oleh masyarakat Tanggamus sekira pukul 11.15 tersebut tidaklah begitu mengkhawatirkan, apalagi menimbulkan bencana tsunami. Karena, kekuatan gempa hanyalah 6,1 skala richter (SR) dengan titik koordinat di 5.39 Lintang Selatan (LS), 104.37 Bujur Timur (BT), 23 Kilometer barat daya Tanggamus, di kedalam 115 kilometer (Km)

"Karena kalau untuk tsunami sendiri ada klasifikasinya. Yakni kekuatan gempa berada diatas 7 SR dan setelahnya disusul dengan surutnya air laut bermeter-meter. Saya pastikan kita aman dari gelombang tsunami,"jelas Ovi, Senin (2/5).

Ia menambahkan, gempa yang terjadi dirasakan oleh masyarakat yang berada di Kecamatan pesisir pantai. Dan yang paling dirasakan di Kecamatan Kota Agung, Kota Agung Timur, Kota Agung Barat, Wonosobo, Semaka, Bandar Negeri Semoung (BNS), Pematangsawa, Kelumbayan dan Kelumbayan Barat. Pusat gempa diperkirakan berada seputaran bukit barisan selatan.

"Daerah lain belum ada laporan, apakah masyarakat di sebelas kabupaten lainnya juga merasakan, durasi gempanya pun hanya beberapa menit saja. Dan memang untuk Tanggamus sendiri sering mengalami gempa bumi dengan kekuatan kecil, karena Kabupaten ini dilintasi lempengan bumi yang kita kenal dengan patahan sesar semangka. Tapi sejauh ini, belum ada potensi tsunami." ucapnya.

Ia menambahkan, bila berbicara bencana tsunami. Kabupaten yang memiliki icon lumba-lumba ini termasuk dalam zona bahaya gelombang besar tsunami. Yang mana, sebelumnya terjadi gempa dengan kekuatan diatas 7 SR, disusul dengan surut air laut. Dan jika memang berpotensi tsunami, maka alarm sistem tsunami yang terpasang di taman kota Hi. Juanda Kota Agung akan berbunyi.

"Sampai dengan saat ini sih belum ada laporan kerusakan yang disebabkan oleh gempa, karena memang tidak terlalu besar kekuatannya dengan durasinya tidak terlalu lama juga, hanya berkisar 1-2 menit," tandasnya. (#)
 
Top