Pemprov Lampung saat menggelar pasar murah, Minggu (15/5)

PRINGSEWU24 - Menghadapi bulan suci Ramadhan yang kurang lebih 3 minggu lagi, Pemerintah Provinsi (Pemprov) Lampung dalam hal ini Dinas Perdagangan tengah mempersiapkan diri untuk menggelar pasar murah. Hal ini dilakukan agar dapat menekan harga bahan pokok dipasaran. 

Kepala Bidang Perdagangan Dalam Negeri Dinas Perdagangan Provinsi Lampung Offrial mengatakan, pasar murah yang digelar ini nantinya akan digelar pada seminggu sebelum puasa dan 2 minggu sebelum lebaran. Ia mengatakan, pasar murah ini juga akan digelar dibeberapa kabupaten/kota di  sejumlah wilayah Provinsi Lampung. 

“Ya biasalah seperti tahun-tahun sebelumnya, Kita ini kan di Provinsi sifatnya hanya stimulan , bagaimana supaya dapat memberikan kepada masyarakat harga yang lebih mmurah, jadi diharapkan kabupaten kota juga demikian,” kata Offrial saat dihubungi, Minggu (15/5). 

Selain menggelar pasar murah, Lanjut Offrial, sebelumnya, pihaknya bersama Perusahaan Perdagangan Indonesia (PPI) yang merupakan Perusahaan Plat Merah telah melakukan operasi pasar khusus untuk komoditas gula pasir yang digelar di sejumlah pasar di Kota Bandarlampung dan operasi pasar ini merupakan operasi pasar serentak diseluruh Indonesia.

Offrial juga mengatakan, Tim Pengendali Inflasi Daerah (TPID) yang didalamnya juga termasuk dinas perdagangan dan Bank Indonesia perwakilan Lampung dalam waktu dekat ini akan melakukan rapat koordinasi untuk membahas kestabilan harga sembako dan harga lainnya menghadapi bulan ramadhan yang biasanya harga-harga kebutuhan pokok merangkak naik.

“Pastilah, TPID juga terlibat langsung untuk menghadapi bulan puasa ini untuk menekan harga. Nanti kita lihat mana kira-kira komoditas yang paling berpengaruh,”ujarnya.

Namun demikian, Offrial mengatakan kebutuhan bahan pokok terutama beras, daging sapi dan daging ayam dapat dipastikan aman mengingat provinsi Lampung sebagai lumbung padi dan daging sapi begitu juga dengan daging ayam. (#)
 
Top