PRINGSEWU24 – Pengurus Wilayah Nahdlatul Ulama (PW NU) Lampung resmi mengusung Dr KH Khairuddin Tahmid sebagai calon ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Lampung periode 2016-2021. Pemilihan ketua MUI Lampung akan dilakukan dalam ajang Musyawarah Daerah (Musda) yang dihelat pada 9-10 Mei 2016 di Islamic Center, Bandar Lampung.

Keputusan PW NU Lampung mencalonkan Khairuddin Tahmid disampaikan Sekretaris PW NU Lampung Aryanto Munawar kepada wartawan di kantor PW NU Lampung, Jalan Cut Meutiah, Bandar Lampung, Sabtu sore, 7/5/2016. Ia menerangkan, pengusungan Khairuddin diputuskan dalam rapat pengurus pada Sabtu siang.

“KH Khairuddin Tahmid merupakan salah satu kader terbaik NU Lampung saat ini. Dengan pertimbangan tersebut, termasuk rekam jejak, kapasitas dan integritasnya, PW NU Lampung secara resmi mencalonkan KH Khairuddin Tahmid sebagai ketua MUI Lampung pada musda nanti,” kata Aryanto yang didampingi sejumlah Wakil Ketua PW NU Lampung yakni Saiful Islam, Juwendra Asdiansyah, dan Teguh Wibowo; Bendahara M Tio Aliansyah dan Wakil Sekretaris Mislamuddin.

Aryanto menjelaskan, Khairuddin merupakan mantan Ketua PW NU Lampung dan Ketua GP Ansor Lampung. Sebagai pengajar di IAIN Raden Intan Lampung, Khairuddin dikenal sebagai cendekiawan yang pengetahuan keislaman, keumatan dan kebangsaannya sangat mumpuni. Dengan sederet pengalaman di berbagai organisasi sejak mahasiswa hingga sekarang, ia memiliki pergaulan yang luas dan dikenal oleh banyak kalangan.

“Maka sudah sangat layak KH Khairuddin Tahmid memimpin organisasi sebesar MUI Lampung untuk periode lima tahun ke depan,” tandas Aryanto. "Kami ikhlaskan beliau dan akan kami perjuangkan untuk memimpin MUI Lampung."

Dikutip dari laman mui.or.id, Majelis Ulama Indonesia (MUI) adalah wadah atau majelis yang menghimpun para ulama, zuama dan cendekiawan muslim Indonesia untuk menyatukan gerak dan langkah umat Islam Indonesia dalam mewujudkan cita-cita bersama. 

MUI berdiri pada 26 Juli 1975 di Jakarta sebagai hasil dari pertemuan atau musyawarah para ulama, cendekiawan dan zuama dari berbagai penjuru tanah air.

Sejumlah ormas Islam berhimpun di MUi antara lain NU, Muhammadiyah, Syarikat Islam, Perti, Al Washliyah, Math’laul Anwar, GUPPI, PTDI, DMI dan al Ittihadiyyah. Di Lampung, saat ini Ketua MUI dijabat ulama senior KH Mawardi AS.(*)
 
Top