Iwan Nurdin

1 Mei seluruh dunia merayakan hari buruh internasional. Hari ini, seperti tahun tahun nan lalu, saya turut bersama mereka.

Dalam aksi buruh di Indonesia. Reforma Agraria adalah tuntutan kaum buruh. Saya  bangga dan berterimakasih dengan hal ini.

Apa hubungannya? Tidak dijalankan reforma agraria adalah salah satu akar rendahnya daya tawar kaum buruh dalam hal kebebasan berserikat dan upah layak. Tenaga produktif pedesaan terlempar dari desa, tanah mereka dirampas, pertanian menyusut dan tidak menguntungkan karena ketiadaan reforma agraria. Mereka bermigrasi ke kota hingga ke luar negeri. Karena banyaknya suplai calon pekerja, setiap saat pemodal dengan mudah bilang "saya hanya bisa menggaji segini dengan sistem kontrak, jangan ikut organisasi buruh. Ingat, saya tidak maksa, tidak suka silahkan angkat kaki. Banyak yang masih mau kerja".

Petani yg menghasilkan pangan juga pensubsidi pangan murah. Syarat bagi upah murah. Jika harga mahal sedikit, keran impor dibuka. Demikianlah lingkaran ini berputar terus.

Selamat hari buruh. Panjang umur perlawanan dan perjuangan.
 
Top