PRINGSEWU24 - Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Provinsi Lampung secara resmi melantik 15 anggota Panitia Pengawas Pemilu (panwaslu) lima kabupaten yang akan menggelar pilkada 2017 mendatang di Hotel Horison Bandarlampung, Rabu (18/5).

Ketua Bawaslu Provinsi Lampung Fatikhatul Khoiriyah mengatakan, setelah pelantikan pihaknya langsung memberikan pembekalan terhadap 15 anggota panwaskab terpilih selama tiga hari kedepan.

"Ya setelah pelantikan, kita lanjutkan pembekalan dan bimbingan teknis (bimtek) kepada mereka yang telah dilantik," ujarnya.

Menurutnya, pembekalan ini sangat diperlukan bagi mereka. Karena dalam ini merupakan bimbingan bagaimana cara-cara dalam melaksanakan tugas sebagai panwas. Bagaimana cara menerima laporan, berkoordinasi dengan kesekretariatan, dan cara menindaklanjuti laporan pelanggaran.

"Jadi ketika kita lepas, mereka sudah tahu apa yang harus mereka lakukan," ungkapnya.

Ia menambahkan, untuk penyampaian materi, pihaknya menggunakan narasumber dari pihak internal saja. "Untuk narasumber dari kita saja. Ada pak Ali, pak Nazar, dan Saya," kata dia. 

Dijelaskannya, para narasumber ini nantinya akan memberikan materi sesuai tupoksinya masing-masing. "Untuk pak Ali nanti akan memberikan materi pembentukan dan peningkatan profesionalitas dan integritas panwas. Pak Nazar materi pola koordinasi secara team dalam pengawasan. Dan saya materi bagaimana tindak lanjut terhadap suatu pelanggaran," jelasnya. 

Ia berharap, setelah selesai pembekalan ini, semua panwaskab dapat mengedepankan integritas dalam menjalankan profesionalitas tugasnya.
Sebab menurutnya, panwas tidak akan bisa melakukan pengawasan dan kritik apabila integritas panwas ini tidak bagus.

"Sehingga kita tekankan kepada mereka untuk benar-benar dalam meluruskan niat dalam mejalankan peraturan penyelenggaraan pemilu. Tidak ada yang dekat-dekat dengan para calon," pungkasnya. 
 
Top