PRIGSEWU24 - Wakil Bupati Waykanan Edward Antony, Senin (23/5), mengatakan binaan Program Peningkatan Peranan Perempuan Menuju Keluarga Sehat Sejahtera (P3KSS), Bina Keluarga Balita (BKB), Gerakan Sayang Ibu (GSI) merupakan program pemerintah, dalam rangka peningkatan keluarga yang sehat dan sejahtera kepada masyarakat.
Hal itu disampaikannya, menghadiri acara Lomba P3KSS, GSI, dan BKB Tingkat Provinsi di Kampung Banjar Ratu, Kecamatan Gunung Labuhan.

Tampak hadir pada acara tersebut, kepala SKPD kabupaten setempat, serta Irianto Ketua Tim Penilai Lomba P3KSS, GSI, BKB Provinsi Lampung.
“Kegiatan ini bukanlah mencari siapa yang juara ataupun yang kalah, tetapi sama-sama belajar untuk memberikan contoh kepada kampung lain, bahwa Kampung Banjar Ratu ini patut di contoh oleh kampung lain tentang peranan perempuan dalam kehidupan sehari-hari,” ujar Edward Antony.

Wabup menambahkan, kegiatan penilaian lomba tersebut merupakan agenda tahunan dari pemprov, guna mengevaluasi perkembangan pembangunan atas usaha masyarakat dan pemerintah yang telah dilaksanakan di Waykanan.

Berdasarkan SK Gubernur Lampung Nomor: G/496/B.VII/HK/2011, tanggal 20 Juli 2011, tentang Penetapan Lokasi Kegiatan Program Terpadu, ditetapkan Kampung Banjar Ratu Kecamatan Gunung Labuhan sebagai kampung lokasi binaan P3KSS, Kelompok BKB-PAUD-Posyandu terintegrasi KASIH IBU, Gerakan Sayang Ibu (GSI) tahun 2016, untuk mewakili Kabupaten Way Kanan pada lomba di tingkat provinsi.

Edward bersyukur atas penetapan kampung banjar ratu sebagai lokasi kegiatan program terpadu. Selain itu pelaksaan kegiatan pembinaan baik oleh Tim Pembina dari Kabupaten maupun Tim Pembina dari kecamatan serta Dinas Instansi terkait dan Tim Penggerak PKK untuk mendukung persiapan Lomba P3KSS, Lomba BKB, dan Lomba GSI Tingkat Provinsi.

“Penetapan Kampung Banjar Ratu sebagai lokasi kegiatan program terpadu, semua ini merupakan jerih payah dari seluruh masyarakat setempat. Peran perempuan sangat besar dalam usaha peningkatan keluarga yang sehat dan sejahtera. Karena kunci utama tercapainya keluarga yang sehat dan sejahtera, ada ditangan perempuan. Pemerintah melalui berbagai program dan kegiatan, berupaya untuk lebih memberdayakan kaum perempuan,” urainya.

“Semoga Tim Penilai Provinsi dapat melakukan penilaian secara objektif dan dapat dipertanggungjawabkan. Semoga Kampung Banjar Ratu menjadi duta terbaik Waykanan dalam penilaian lomba P3KSS, BKB, dan Lomba GSI akan mendapat Predikat Terbaik Tingkat Provinsi Lampung,” tukasnya.

 Melalui kegiatan lomba tersebut, Edward Antony mengharapkan, lomba itu dapat memberikan motivasi kepada masyarakat dan pemerintah kampung, serta mampu meningkatkan kinerja dalam memajukan kampung, agar lebih meningkat dari tahun sebelumnya baik pembangunan secara fisik maupun pelayanan kepada masyarakat. 
 
Top