Pelabuhan Bakauheni (ist)

PRINGSEWU24 - Lampung Selatan, yang merupakan pintu gerbang Pulau Sumatera. Sudah mulai sibuk menghadapi kepadatan arus lalulintas pada saat long weekend, minggu ini.
Seperti yang dilakukan pihak Angkutan Sungai Danau dan Penyeberangan (ASDP) dan Otoritas Pelabuhan Penyeberangan (OPP) Merak, menyiapkan 28 unit armada kapal ferry guna menyambut long weekend akhir pekan ini.

"Kapal kami sudah tambah, karena sudah dipastikan akan ada lonjakan penumpang, mesti itu tidak drastis. Yang jelas, ini sudah menjadi tradisi, dimana setiap ada tanggal merah yang berdekatan dengan sabtu atau senin, sudah pasti ramai, apalagi ini liburnya dari kamis," ujar Manager Operasional ASDP Bakauheni Heru Purwanto, Selasa (3/5).

Heru juga menjelaskan, biasanya, peningkatan arus penyeberangan di Pelabuhan Bakauheni pada saat arus balik long weekend pada hari Minggu (8/5). Ia memperkirakan, kalaupun ada peningkatan, arus penyeberangan tidak akan lebih dari lima persen.

"Kalau di Bakauheni, lonjakan biasanya pada saat arus balik, karena mayoritas pengguna jasa penyebrangan, dari pulau Jawa menuju Sumatera. Makanya, kami mengalami lonjakan pada arus balik," bebernya.

Sementara itu, Kasat Lantas Polres Lampung Selatan Ajun Komusaris Polisi (AKP) Mubiarto Banu Kristanto mengatakan, jajarannya melaksanakan penebalan personel, di titik-titik tempat wisata dan hiburan guna mengantisipasi kemacetan.

“Kami memiliki atensi khusus untuk tempat-tempat wisata. Akan ada penebalan personel, guna mengatur lalu lintas dan mengantisipasi kemacetan. Terutama untuk arus keluar masuk di areal sekitar pelabuhan, kami intensifkan untuk penjagaan nya," ujarnya, kemarin.

Setidaknya, Polres Lamsel menyiapkan sekitar 90 personel satuan lalu lintas, yang akan berjaga-jaga di titik-titik keramaian, tempat wisata, dan hiburan. Personel masih akan ditambah dari polsek wilayah.

“Untuk titik-titik yang sangat rawan terjadinya stagnasi kendaraan, kami siapkan rekayasa lalu lintas,” pungkasnya. 
 
Top