ist

PRINGSEWU24 - Kepala SMAN 1 Metro, Suparni, S.Pd, M.Pd mengatakan, prestasi ini tentu berkat dukungan dan doa semua pihak, mulai dari Pemerintah Daerah Metro, Dinas Pendidikan serta hasil kerja keras dewan guru.

Menurutnya, memperoleh penghargaan sekolah berintegritas, Kota Metro menempatkan 3 sekolah. Di antaranya, yakni SMAN 1 Metro, SMPN 1 Metro dan SMPN 4 Metro. “Prestasi ini akan terus kita pertahankan pada tahun-tahun yang akan datang. “Kita berharap ini menjadi momentum untuk semakin memberikan yang terbaik bagi pemerintah daerah dan masyarakat khususnya Kota Metro,” kata Suparni, Saptu (30/4) kemarin.


Lanjut Suparni mengatakan, kebanggaan tersendiri bagi SMAN 1 Metro yang menerima penghargaan ini. Pada penyerahaan penghargaan beberapa waktu lalu, Sekretaris Daerah Kota Metro Dr. Ishak. MH menyampaikan sekaligus menekankan, pada saat ujian nasional (UN) nanti, konsentrasinya adalah jangan melaporkan 100 persen lulus UN. Tetapi, kata dia, yang dilaporkan adalah 100 persen jujur,” ujarnya.


Selain 
menerima penghargaan sebagai sekolah berintegritas, SMAN 1 Metro juga menerima penghargaan Anugerah Indeks Integritas Ujian Nasional dari Bapak Presiden RI Ir. Joko Widodo di Istana Negara di Jakarta tanggal21 Desember 2015 lalu. Karena dinilai Kementrian Pendidikan Nasional, yakni telah berhasil dan berprestasi dalam meningkatan disiplin sekolah, memiliki integritas yang tinggi, dengan mengedepankan kejujuran ketimbang nilai siswa yang bagus.

Pemberian penghargaan ini didampingi oleh, Kepala Dinas Pendidkan Kebudayaan Pemuda dan Olahraga Ir. Bangkit Haryo Utomo, MT,” urai Suparni. Mennyingung tentang meningkatkan mutu pendidikan, Suparni mengatakan, demi mewujudkan peningkatan kualitas pendidikan, pihaknya terus melakukan kordinasi kepada dewan guru sampai pembinaan kepada siswanya agar rajin belajar.


Masih dikatakan Suparni, ada empat setrategis meningkatkan mutu pendidikan, yakni kreativitas, kolaborasi, berpikir kritis dan komunikasi. Dikatakan Dasio, kreativitas adalah salah satu komponen penting dalam otak anak, yang seharusnya dapat terus terlatih dan dilatih di sekolah. Sedangkan, kolaborasi salah satu bentuk nyata dari bagian ini adalah terdapatnya komunikasi, antara setiap pelaku pendidikan demi peningkatan kualitas pendidikan.


Suparni mengatakan, berpikir kritis kepada anak, adalah mampu menangkal paham-paham radikal yang dapat ditangkap otak sebagai ide yang tidak masuk akal. Tentu ini, kata dia, menjadi penting mengingat paham-paham radikal cukup menjadi perhatian utama. Kemudian yang terakhir adalah, komunikasi salah satu bentuk nyata dari bagian ini adalah terdapatnya komunikasi, antara setiap pelaku pendidikan demi peningkatan kualitas pendidikan,” kata Suparni.

Pemerintah Kota Metro melalui Sekretaris Daerah Kota Metro, Dr. Ishak. MH memberikan piagam penghargaan Sekolah Berintegritaskepada Kepala SMAN 1 Metro, Suparni, S.Pd, M.Pd.

Kepala SMAN 1 Metro, Suparni, S.Pd, M.Pd menerima Penghargaan Anugerah Indeks Integritas Ujian Nasional dari Bapak Presiden RI Ir. Joko Widodo di Istana Negara di Jakarta. (rls)
 
Top