Bupati Way Kanan Raden Adipati Surya (ist)


PRINGSEWU24 - Pemerhati Kinerja Aparatur Negara Pemkab Waykanan Yoni Aliestiady,  Selasa (3/5), mengatakan pejabat tidak loyal lebih baik mundur. Hal itu dikatakannya karena seringnya ia menjumpai sejumlah Kepala SKPD tidak berada di kantor sesuai jam kerja.
Dan ia berharap, Bupati Waykanan Raden Adipati Surya mulai  mendata pimpinan SKPD yang harus dievaluasi.

Berdasarkan penyusuran dirinya, saat mendatangi setiap kantor dinas/instansi di Pemkab Way Kanan, acap kali iamengetahui banyak Kepala Dinas yang tidak berada diruang kerjanya sesuai jam kerja aparatur pemerintah. Bahkan,sambung Yoni, disetiap kekosongan itu pula, berbagai alasan ikut dilontarkan pegawai di dinas-dinas tertentu yang bertujuan untuk melindungi pimpinannya. Dan bila biarkan berlarut, ini akan pemahaman yang kurang baik.

“Saya menyayangkan ternyata masih banyak pimpinan SKPD di Pemkab Way Kanan yang tidak suka berlama-lama berada diruang kerjanya. Padahal tidak sepantasnya sikap tersebut dilakukan seorang kepala dinas. Bila hal ini terus-terusan dibiarkan maka kerugian besar bagi negara yang menggaji pegawai atau pejabat yang tidak profesional dan bertanggungjawab atas jabatan yang mereka pikul sebagai seorang Kepala Dinas tersebut,” ujar Yoni.

 Namun sayangnya, Yoni Aliestiady tidak membeberkan secara rinci, ketika dimintai keterangan kepala dinas mana saja yang diketahui enggan berlama-lama ngantor tersebut.
Yoni hanya menyarankan agar Bupati Way Kanan Raden Adipati Surya maupun Wakil Bupati Edward Antony, dapat melakukan pantauan langsung atas ketiadak hadiran kepala dinas disetiap jam kerja yang dimaksudnya itu.

“Untuk membuktikan ucapan saya itu benar tidak, sebaiknya Bupati maupun Wakil Bupati melakukan sidak ke sejumlahdinas secara langsung,” ujarnya, seraya mengatakan bila mereka tahu bila Bupati/Wabup akan hadir ke kantor SKPD itu, iapastikan sejumlah Kepala SKPD tersebut pasti berada ada di kantor. Namun kehadiran meraka itu hanya sesaat.

“Kita tahu, gaji maupun tunjangan serta fasilitas jabatan seorang Kepala Dinas sendiri sungguh luar biasa. Bila kinerja kepala Dinas hanya isi absen saja, ini sangat mengecewakan. Ya, anggap saja makan gaji buta, dan dampaknya pun bakal berpengaruh kedisiplinan pegawai didinasnya karena kinerja yang bobrok,” pungkasnya. 
 
Top