PRINGSEWU24 - Rimbawan Lampung yang dimotori oleh Puslitbang Pesisir dan Kelautan Unila dan Himasylva Unila menanam 2016 batang mangrove di hutan pendidikan Lampung Mangrove Center (LMC), Margasari, Labuhan Maringgai, Lampung Timur.

Kegiatan ini dalam rangka peringatan Hari Bumi tahun 2016, karenanya jumlah tanaman sebanyak 2016. Tanaman ini sumbangan dari BPDASHL Way Seputih Way Sekampung, jelas Bainah Sari Dewi, Kepala Puslitbang Pesisir dan Kelautan Unila. Kegiatan ini juga seiring dengan program Gubernur Lampung M. Ridho Ficardo akan pentingnya mangrove guna kelestarian lingkungan.

Peserta kegiatan sebanyak 240 orang, dari berbagai pihak Dinas Kehutanan Provinsi Lampung, Dinas Perkebunan dan Kehutanan Lampung Timur, Kecamatan Labuhan Maringgai, Marinir Batalyon Piabung Lampung, Pamswakarsa Mangrove, Himasylva, dan Puslitbang Pesisir dan Kelautan Unila. Bahkan hadir secara langsung Rektor Unila, Prof. Hasriadi Mat Akin beserta ibu.

Sebelum penanaman mangrove, Rektor sempat memberikan pengarahan kepada mahasiswa kehutanan unila yang tergabung dalam Himasylva, bahwa pembentukan karakter seseorang jauh lebih penting dari hanya mengejar nilai akademik. Karakter terbentuk dengan berbagai aktivitas di lapangan, salah satunya dengan adik adik menanam mangrove di LMC.

Ke depan unila akan terus mengembangkan sebagai perguruan tinggi berbasis penelitian. Puslitbang akan ditata sehingga mampu menjawab kebutuhan dan tantangan nasional dan internasional. Kerjasama nasional dan internasional akan terus ditingkatkan. Hutan mangrove lestari untuk kelestarian sumber daya alam dan kesejahteraan masyarakat. (rls)
 
Top