Dalam sekejap Sijago merah melalap sebagian rumah beserta isinya hingga ludes mensisakan sebagian atap rumah yang di huni, keluarga besar Istono Hadi di RT. 3 Lingkungan Pringsewu Utara. Rabu 29 Juni 2016
Pringsewu24,– Dalam sekejap Sijago merah melalap sebagian rumah beserta isinya hingga ludes mensisakan sebagian atap rumah yang di huni, keluarga besar Istono Hadi di RT. 3 Lingkungan Pringsewu Utara. (Rabu, 29/06).

Menurut saksi mata yang pada saat kejadian, Erlina mengatakan saat itu dirinya sedang mengikuti sembahyang, Kegiatan sembahyang ini dalam rangka memperingati 6 hari wafatnya bapak Hadi Suwarno yang di adakan di rumah utama bagian depan.

Pada saat acara hendak dimulai salah satu peserta sembahyang melihat kobaran api muncul di rumah bagian belakang. Sehingga sontak, para peserta sembahyangan panik,

“ Kejadian begitu cepat, entah dari mana asalanya, ada yang berteriak sontak saja peserta sembayangan bubar, padahal acara sembahyangan tersebut baru saja mau dimulai. Sehingga kepanikan semakin menjadi,  sebagian orang juga ada mencoba memadamkan api dengan alat seadanya dan membantu menyelamatkan barang perabotan rumah,” papar Erlina

Tak lama sekitar 30 menit lanjut Erlina, 2 mobil pemadam kebakaran datang dengan 20 orang personil dan langsung berusaha menjinakkan api yang sudah mulai menghabiskan sebagian bangunan rumah.

“pemadam kebakaran dibantu warga sekitar mencoba memadamkan api,  dan hanya sekitar 1 jam api pun berhasil dipadamkan,” lanjutnya

Saksi lain, purwanto yang masih kerabat korban kebakaran menambahkan, kemungkinan api berasal dari ruang tengah, karena pada saat itu api yang paling besar berkobar paling besar yang dengan cepat menjalar ke bagian rumah yang lain.

“Memang sebelum kebakaran, keponakan saya nge-cash hp diruang bagian tengah, namun karena ada acara sembahyangan di rumah utama, sehingga rumah bagian belakang tersebut dibiarkan kosong,” jelasnya.

beruntung dalam kejadian yang berlangsung cepat ini, tidak menimbulkan korban jiwa, meski hanya menghanguskan 1 bangunan rumah saja.(*)
 
Top