Kepala Dinas Kesehatan Way Kanan, Farida Aryani (ist)


PRINGSEWU24 - Dinas Kesehatan Pemerintah kabupaten Waykanan akan dirikan posko kesehatan di beberapa titik arus jalan lintas Sumatera, yang melintasi wilayah Waykanan saat jelang arus mudik maupun arus balik lebaran 2016 mendatang.

Posko tersebut  rencanya akan didirikan sejak H-7 hingga H+7 Idul Fitri di tempat titik arus jalan yang dianggap rawan kecelakaan seperti, di Kecamatan Way Tuba,  ada dua titik yang menjadi pusat perhatian yakni, perbatasan antaran Kabupaten OKU Timur dan Way Kanan,  Simpangan jalan lintas Kecamatan Way Tuba, SPBU Gunung Labuhan,  dan Simpang Empat arah masuk ke kantor Pemkab Way kanan.

“Tentunya  berdirinya Posko-Posko itu akan selalu berdampingan dengan posko Dinas Perhubungan dan Komunikasi serta Polres Waykanan,”ujar Kepala Dinas Kesehatan Way kanan Farida Aryani, Senin (13/6).

Farida menambahkan, Posko Kesehatan itu akan dibuka pada H-7 menjelang Idul Fitri hingga H+7 setelah Lebaran. Dimana, Posko Kesehatan itu  dilengkapi dengan tim medis, fasilitas medis dan ambulan, agar bila terjadi kecelakaan bisa cepat dilarikan ke rumah sakit atau puskesmas terdekat.

”Semua tempat menjadi prioritas utama kita bagi keselamatan para pengemudi roda dua dan empat serta masyarakat pada saat mudik berlangsung,”ucapnya seraya mengatakan mengenai tenaga medis kesehatan, mereka akan dikumpulkan dari beberapa puskesmas di Waykanan.

“Para dokter dan para medis ini akan dibagi tugas piket masing-masing delapan jam per hari. Selain untuk membantu para pemudik, posko ini juga bisa dijadikan tempat istirahat (rest area) jika para pemudik termasuk sopir angkutan yang mengalami kelelahan. Para pemudik diharapkan bisa memanfaatkan posko-posko kesehatan ini, agar angka kecelakaan di jalan raya selama musim lebaran dapat dihindari.  Periksakan kesehatan di posko-posko yang ada,"pintanya.
 
Top