(ist)

PRINGSEWU24 - Dinas Perhubungan (Dishub) Provinsi Lampung menghimbau para pemudik yang hendak pulang kekampung halaman agar menggunakan angkutan umum resmi dan berstiker laik jalan. Hal ini guna mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan selama dalam perjalanan menuju kampung halaman.

Kepala Dishub Lampung Idrus Efendi mengatakan, pihaknya mengakui sampai saat ini masih ada bus yang belum laik jalan. Oleh sebab itu pihaknya terus melakukan pengecekan pada setiap angkutan umum terutama Bus baik Antar Kota Dalam Provinsi (AKDP) maupun Bus Angkutan Kota Antar Provinsi (AKAP).

“Memang masih ada yang belum laik, makanya kita upayakan untuk terus melakukan pengecekan agar Bus yang tidak laik segera diperbaiki sampai besok (hari ini). Cuman nanti kita liat lagi dilapangan seperti apa,” kata Idrus usai Apel pasukan Lebaran di Lapangan Korpri, Bandarlampung, Selasa (28/6).

Menurutnya, apabila masa uji kelaikan selesai dan masih ada bus yang belum mendapatkanstiker, pihaknya akan melarang bus tersebut untuk mengangkut penumpang. Dalam operasi laik jalan ini ada beberapa kriteria bus yang dinyatakan tidak laik, diantaranya ban yang sudah halus, kaca depan yang pecah, tidak ada sabuk pengaman untuk sopir, rem yang tidak berfungsi dan tarif yang tidak sesuai dengan ketentuan.

Idrus mengatakan, masyarakat juga harus jeli agar dapat memedakan mana bus yang berstiker laik dan mana yang tidak. Ia juga tak menyarankan para pemudik untuk menggunakan angkutan umum yang tidak resmi (travel gelap).” Namanya gelap. Gag ada asuransinya, gag berizin juga, Jadi naik yang resmi aja,”imbuhnya.

Ia juga memprediksi, arus mudik lebaran tahun ini akan mengalami pelonnjakan penumpang sekitar 5-10 persen dari tahun sebelumnya.”Prediksi kami puncak mudik akan jatuh pada sabtu malam atau minggu pagi,”pungkasnya.
 
Top