PRINGSEWU24 - Partai Demokrat secara khusus belum membahas pergantian antar waktu almarhum Toto Herwantoko yang wafat beberapa waktu lalu. 

Kendati demikian, berdasarkan data yang diperoleh dari KPU Lampung diketahui peraih suara terbanyak ke dua di bawah Toto Herwantoko dari Dapil Lampung Tengah adalah Martalena dengan jumlah suara 6.967.

Peluang bahwa Martalena akan menggantikan Toto Herwantoko sebagai anggota DPRD Lampung dibenarkan Sekretaris DPD Partai Demokrat Lampung, Fajrun Najah Ahmad.

"Ya jika mengacu aturan dan UU betul Martalena yang berhak menggantikan karena dia peraih suara terbanyak ke dua," kata Fajrun via telepon, Rabu (15/6).

Dijelaskan Fajar panggilan akrabnya, kendati demikian pihaknya saat ini belum memproses pergantian waktu tersebut. Alasannya karena masih suasana berduka, dan masih menunggu SK definitif kepengurusan DPD yang baru dari DPP.

"Kita tunggu dulu kepengurusan definitif baru semua kita proses pergantianya termasuk posisi dia sebagai pimpinan DPRD Lampung," ungkap dia.

Masih kata Fajar karena Toto Herwantoko wafat sebelum SK kepengurusan DPD disahkan maka posisinya sebagai Ketua Komisi Pengawas juga sudah diusulkan untuk diganti.

"Tapi siapa yang akan menggantikannya saya tidak tahu karena itu kewenangan tim formatur," ujarnya.

Usulan Calon Pengganti Toto
Sementara itu, untuk pengganti posisi wakil ketua DPRD yang ditinggalkan Toto, Fajar mengatakan sama belum diproses karena masih menunggu kepengurusan definif.
Namun dia menjelaskan, sesuai mekanisme nantinya pihaknya akan mengusulkan tiga nama calon penggantinya ke DPP. 

"Setelah DPD PD definitif maka pimpinan akan rapat dulu membahas masalah itu. Sesuai aturan akan ada tiga nama diusulkan ke DPP. DPP lah kemudian yang akan menentukan siapa yang akan jadi pimpinan dewan. Nah soal siapa calon-calon nya dan kriterianya seperti apa nanti di bahas saat rapat. Jadi kalau sekarang kita belum tahu," paparnya. 

Sementara itu, Ketua Fraksi Partai Demokrat Lampung Imer Darius mengatakan, untuk nama calon Wakil Ketua DPRD yang akan menggantikan Toto Herwantoko sudah ada di tangan ketua DPD.

"Nama sudah ada, tetapi belum bisa kita beri tahu. Nanti setelah rapat pimpinan terlebih dahulu," ungkapnya.

Imer Darius sendiri merupakan salah satu calon kuat yang digadang-gadang akan menggantikan posisi Wakil Ketua I DPRD Lampung Toto Herwantoko yamg meninggal dunia beberapa waktu lalu. (RF)
 
Top