PRINGSEWU24 - Arah politik mulai mengerucut jelang pilkada Kabupaten Tulang Bawang (Tuba) 2017 mendatang.

Perebutan kursi nomor satu pada pilkada setempat diprediksi bakal menjadi kompetisi dua pasang calon (paslon) kuat, yakni Petahana Hanan A. Razak yang berpasangan kembali dengan Heri Wardoyo (Handoyo jilid II) dan Ketua DPRD Tuba Winarti yang mencuat berpasangan dengan Wakil Ketua DPRD Tuba Hendriwansyah.

Hal ini menunjukkan bakal menjadi perseteruan antara kekuatan eksekutor dengan kekuatan legislator di pilkada tersebut.

Winarti sendiri selaku Ketua DPC PDIP Tuba semakin mantap dengan pendampingnya Hendriwansyah yang juga Ketua DPD PAN Tuba untuk maju pilkada Tuba 2017 mendatang. Bahkan, spanduk serta stiker yang bertuliskan nama keduanya sudah menyebar di tiap kecamatan. Tak hanya itu, Winarti pun mengaku telah melakukan sosialisasi ke masyarakat bersama calon wakil bupatinya itu.

"Ya semua berjalan saja dan ini juga untuk lebih pendekatan dengan calon wakil dan juga masyarakat. Mohon doanya yang terbaik saja ya," ujarnya melalui via ponsel, kemarin (26/6).

Meski tak mengikuti fit and proper test (FPT) di DPD, selaku kader dirinya pun merasa optimis bakal mendapat rekomendasi dari partai banteng moncong putih. Terlebih dirinya dipanggil langsung oleh DPP untuk ikut FPT. "Untuk rekomendasi konfirmasi dengan DPD. Kita serahkan semua kepada partai," tukasnya.

Winarti-Hendri sebenarnya sudah mantap untuk maju jika dilihat dari perolehan kursi legislatif dua partai tersebut (15 kursi) belum lagi ditambah 4 kursi dari PKS yang juga sudah intens berkomunikasi dengan keduanya dan disinyalir akan ikut berkoalisi.

Di sisi lain, Petahana Hanan A. Razak masih merasa optimis bakal mempertahankan kursi nomor satu daerah tersebut. Bahkan Hanan bersama Heri Wardoyo sudah mengantongi dukungan dari beberapa parpol, seperti Nasdem, Golkar, Gerindra, PPP, dan Hanura. "Sejauh ini baru Nasdem yang keluar rekomendasi. Sebentar lagi menyusul PKS dan Golkar," klaimnya.

Namun begitu, Hanan juga masih menaruh harapan untuk mendapat restu dari Megawati Soekarno Putri. Meski harus melengkahi kader PDIP yang juga maju pada pilkada Tuba, yakni Winarti.

"Ya sebelum rekom turun, insya allah kita dapat itu. Saya kan anggota PDIP. Internal PDIP saya ini," ucapnya.
 
Top