dr. Ulinnoha
PRINGSEWU24 - Menghadapi mudik jelang lebaran 1437 H mendatang, kondisi tubuh umat muslim harus benar-benar dapat dijaga. Untuk itu, selain mengontrol pola makan, asupan vitamin dan mineral juga diupayakan agar tetap dikonsumsi untuk menjaga kondsi tubuh kita agar tetap fit.

Bakal Calon Wakil Bupati Pringsewu dr. Ulinnoha memberikan sedikit tips dan saran agar saat mudik, kita dapat selalu menjaga kondisi tubuh yang fit meski tetap berpuasa.

"Yang pertama minum yang cukup, karena seperti kita ketahui saat berpuasa hampir 14 jam tubuh tidak mendapatkan asupan cairan. Oleh karena itu kita perlu memperhatikan air yang kita minum. Usahakan untuk minum 8 gelas sehari atau lebih saat sahur dan berbuka," jelas dr. Ulin.

Selanjutnya, ujar dia, makan yang sehat. Menurutnya, konsumsi makanan yang sehat pada saat sahur dan berbuka diusahakan memiliki kandungan gizi yang tepat dan seimbang. "Jangan langsung makan besar saat berbuka puasa, kita bisa memulainya dengan buah seperti kurma dan teh manis. Hal ini akan membantu menjaga kadar gula darah agar tetap stabil, namun tidak mengganggu pencernaan. Karena tidak membuat perut anda "kaget"."

Dirinya juga menyarankan untuk mengkonsumsi suplemen. Artinya, umat muslim saat hendak mudik diperjalanan jika tidak sempat mengkonsumsi buah atau sayur, bisa mengkonsumsi yang lebih instant yakni suplemen pada saat sahur atau berbuka. "Yang pasti harus mengandung vitamin C untuk menjaga daya tahan tubuh kita afar selalu fit," jelasnya.

Ditambahkannya, kita juga harus mengurangi aktivitas yang terlalu berat. "Bila kita terbiasa olahraga, sebaiknya kita mengurangi intensitas dan durasi kita berolahraga. Kita boleh tetap melakukan olahraga ringan di sore hari menjelang berbuka puasa. Namun, jika mepet waktu mudik, ada baiknya jika olahraga kita kurangi," terangnya.

Terakhir, upayakan untuk sering beristirahat di perjalanan. Dengan beristirahat sejenak dalam perjalanan, dapat memulihkan kondisi tubuh kita yang lelah. "Upayakan setiap dua jam dalam perjalanan, kita berhenti sejenak untuk rehat. Demi mengembalikan kondisi kebugaran tubuh kita yang hilang karena panas dan debu," sarannya.
 
Top