Perlintasan Kereta Api Tanpa Palang Pintu - Ilustrasi (ist)
BANDARLAMPUNG – Dinas Perhubungan (Dishub) Provinsi Lampung akan menggelar rapat koordinasi (rakor) bersama PT Kereta Api Indonesia (KAI) Divre IV Tanjungkarang dan perwakilan dari PT KAI pusat akan duduk bersama guna membahas penertiban jalur KA di Lampung
“Senin besok, 5 Juni, kami agendakan rapat bersama. Karena sebentar lagi akan memasuki hari raya, diprediksi perlintasan akan ramai. Guna menghindari kecelakaan, secepatnya ini harus diperhatikan,” jelas Kadishub Lampung, Qodratul Ikhwan, Minggu (4/6).
Menurut Qodratul, dari 137 perlintasan KA di Lampung, masih banyak yang tidak dijaga. Hal tersebut berdampak kepada jumlah kecelakaan di perlintasan KA.
Qodratul mengatakan, ke depan harus ada prioritas penanganan kerena jumlah kejadian kecelakaan di lintasan cenderung semakin lama semakin banyak. Apalagi volume traffic perjalanan kereta api sekarang ini semakin tinggi. “Dishub Provinsi berkomitmen untuk menurunkan angka kecelaakaan di perlintasan KA di Lampung,” katanya
Sementara, diketahui angka kecelaakaan kendaraan roda empat dengan kereta di Lampung masih tinggi. Data dari Pengamanan Objek Vital (Pamovit) Polda Lampung sudah enam kali kecelakaan lalu lintas (Lakalantas) di Natar, Lampung Selatan.
Sebelumnya, PT KAI Divisi Regional (Divre) IV berencana akan menutup seluruh perlintasan tak resmi secara bertahap. Hal itu dilakukan pasca kecelakaan maut yang menewaskan dua orang penumpang Terios yang membawa rombongan siswa SMPN 2 Bandarlampung di perlintasan tak resmi KM 36+7/8.
Manajer Humas PT KAI Divre IV Tanjungkarang, Franoto Wibowo, mengatakan pihaknya segera menutup 137 perlintasan tak resmi yang ada di wilayah kerjanya secara bertahap, berkoordinasi dengan pihak terkait.
“Kita segera berkoordinasi dengan pemerintah daerah setempat, agar jalur tak resmi segera ditutup, tidak ada lagi pengendara yang boleh melintas,” ujarnya.

Lanjut Franoto, pihaknya menghimbau kepada masyarakat  menggunakan perlintasan resmi, demi menjaga keselamatan. Pengendara  yang melintas selalu berhati-hati sebelum melintas, tengok kanan kiri jalan dan yakinkan tidak ada Kereta Api yang lewat. “Waspada bagi pengendara, utamakan keselamatan,” tandasnya.(#)
 
Top