Hama Tikus (ist)


PANARAGAN - Serangan hama tikus membuatpara  petani di Tiyuh Daya Sakti, Kecamatan Tumijajar, Kabupaten Tulang Bawang Barat, mengalami gagal panen pada musim panen kali ini, akibat diserang hama tikus dalam beberapa hari terakhir ini. Hal ini  diungkapkan Kepalo Tiyuh Daya Sakti, Sahri, SH kepada media ini melalui saluran selulernya, Jum'at (7/7)..

Menurut pria hitam manis ini, akibat serangan hama tikus yang merajalela tersebut, petani  Dayasakti dan sekitarnya mengalami gagal panen dan harus menelan pil pahit lantaran hasil panen padi mereka tidak sesuai dengan biaya yang telah mereka keluarkan.

" Gagal panen ini menyebabkan kerugian yang sangat besar, karena serangan hama tikus dan penyakit, maka selaku kepalo tiyuh saya meminta Dinas terkait untuk bisa menyikapi hal ini," ujarnya.

Ia menambahkan, jika hal ini dibiarkan berlarut-larut dikwatirkan pada musim tanam rendeng mendatang, populasi hama tikus akan semakin bertambah. Maka perlunya Dinas Pertanian bekerja sama dengan Dinas Ketahanan Pangan Kabupaten Tulang Bawang Barat, segera mengambil tindakan.

Beberapa minggu terakhir, petani sudah melakukan berbagai tindakan antisipasi, seperti gropyokan tikus, pemasangan alat penagkap tikus, namun hasilnya nihil.

Maka, dirinya menegaskan, perlunya antisipasi maraknya hama tikus pada musim rendeng mendatang, pemerintah daerah melalui Dinas Pertanian dan Dinas Ketahanan Pangan, melakukan terobosan, sehingga populasi hama tikus dan penyakit padi lainnya dapat ditekan.

Selain itu, pihaknya meminta kepada dinas terkait agar menyiagakan para petugas pengamat hama dan penyuluh pertanian yang bertugas di lapangan, untuk mendampingi para petani agar mampu mengendalikan serangan hama dan penyakit tanaman padi.

Masih menurut jebolan Fakultas Hukum Universitas Bandarlampung ini, potensi serangan hama tikus, wereng batang cokelat maupun penyakit organisme penganggu tanaman (OPT) sangat berpeluang karena curah hujan relatif cukup tinggi.

"Terlebih cuarah hujan tinggi menyebabkan suhu menjadi lembab sehingga potensi serangan hama sangat berpeluang. Maka untuk membasmi tikus, kami lakukan dengan gerakan gropyokan tikus, pengemposan menggunakan belerang dan mengumpan racun tikus," pungkasnya.(#)
Next
This is the most recent post.
Previous
Posting Lama
 
Top